manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Launching EMIA dan START System : Sayap-Sayap Asa Menggapai Prestasi

Kebutuhan akan informasi pada saat ini memang sangat diperlukan di berbagai aktivitas manusia. Aktivitas manusia yang begitu kompleks memungkinkan untuk memperoleh informasi menganai sutau maslaah tidak begitu mudah dan cepat tapi harus melalui tahapan dan beberapa proses yang telah ditetapkan ditempat kita akan memperoleh suatu informasi yang akan dibutuhkan. Namun pemanfaatan computer untuk pengelolaan data nilai siswa dan absensi siswa belumlah begitu optimal dan belum akurat informasinya, sehingga kemudahan cara kerja dan pengolahan data dalam jumlah yang besar dengan ketelitian yang tinggi belum didapati pada instansi ini.

Dari permasalahan ini maka Madrasah Bersama dengan Tim IT MAPURA membangun sebuah system yang mencakup data Absensi dan Nilai siswa yang selanjutnya disebut dengan EMIA System dan START System. Adapun komponen-komponen pada system ini terdiri dari data seluruh siswa MAN Amlpaura :

  1. Data guru yang terdiri dari data seluruh dewan pendidik MAN Amlapura.
  2. Absensi Harian Siswa.
  3. Jurnal Mengajar Guru yang langsung terhubung dengan Absensi siswa.
  4. Analisis ulangan harian pertama samapai dengan ulangan Harian kelima.
  5. Nilai Sikap, Tugas dan Praktek siswa.
  6. Raport siswa yang didalamnya terdapat :
    1. Nilai hasil belajar siswa selama satu semester.
    2. Data siswa berupa absen.

START sistem digunakan untuk mendigital hasil belajar siswa sebagai pusat data nilai dengan penilaian yang terintegrasi dengan kurikulum yang ada saat ini. START sistem sudah melalui berbagai upgrade aplikasi mulai dari kurikulum yang berubah sampai dengan sistem penilaian yang berubah. Dengan adanya aplikasi ini siswa dan wali kelas dapat dimudahkan untuk urusan penilaian dimana semua penilaian akan diinput ke aplikasi ini. Adapun kelebihan aplikasi ini mampu mengenerate nilai siswa sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang ada sehingga penilaian siswa dapat dibuat secara akurat. Tujuan akhir dari aplikasi ini adalah untuk mensuplai nilai ke SNMPTN dan SPAN PTKIN.

EMIA System adalah Sistem yang dibuat untuk memenuhi kriteria kedisiplinan dalam hal kehadiran, Emia system sendiri merupakan aplikasi absensi elektrik yang memanfaatkan kartu siswa (EMIC) sebagai inputan dasar. Emia system digunakan dalam hal kehadiran siswa dan kepulangan siswa dimana system akan mencatat keterlambatan siswa dalam hitungan menit, begitu juga dengan kepulangan system akan mencatat kepulangan siswa agar meminimalisir siswa membolos.

Latar Belakang EMIA di ciptakan dikarenakan selama menggunakan system manual ada banyak celah siswa untuk melanggar kedisiplinan. Begitupula dengan absensi kelas yang bisa di manipulasi oleh siswa sehingga kecacatan pada absensi tidak akan terdeteksi oleh guru BK, dengan permasalahan seperti itu maka dibuatkan sebuah teknologi untuk menunjang Madrasah yang berbasis IT.

Tujuan utama diciptakan EMIA system ini pada tahun 2014 awal adalah untuk membuat laporan kehadiran termasuk keterlambatan siswa secara akurat sehingga akan membentuk kedisiplinan siswa yang sesuai dengan Janji Siswa. Tujuan tersebut dapat membantu kinerja BK untuk mengontrol siswa dalam kehadiran baik Sakit, Ijin dan Alfa sehingga BK bisa langsung membuat keputusan yang akurat dan kredible mengenai pelanggaran siswa.

Senin, 25 Februari 2013 Launching 2 Aplikasi ini dilaksanakan di Aula MAN Amlapura yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Bapak Bapak AA Gd Muliawan S.Ag, M.Si, Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Bapak Drs. H. Moh. Sholeh, M.Pd.I, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem Ibu Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si. dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali menyampaikan kebanggaanya pada acara launching EMIC Sistem dan START Sistem di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura bahwa Bali walaupun minoritas dibandingkan dengan provinsi lain yang Madrasahnya Mayoritas namun Provinsi Bali mampu berbicara di Tingkat Nasional.

3 Komentar

RETNO NOVYANTI

Sukses terus MAN Amlapura

Nurdianah

MAPURA memang hebat. Sukses terus buat MAPURA.

LISA KUSUMA WARDANI

MAN Amlapura almamaterku, sukses selalu

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...