manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Kunjungan dari Instruktur Visitasi Madrasah

Dengan disambut langsung oleh Wakil Kepala bidang Kurikulum, Lani Mega Safitri, S.Pd.Si., M.Pd, MAN Karangasem pada Selasa 14 November 2023 kemarin menerima kunjungan dari Instruktur Visitasi Madrasah, Muhamad Qosim, S.Pd.SD. Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Asesmen Kompetensi Madrash Indonesia (AKMI) yang sudah dilaksanakan di MAN Karangasem pada Oktober 2023 lalu.

Kehadiran Muhamad Qosim, S.Pd.SD yang didampingi oleh Kasi Pendis Kemenag Karangasem, Isyatir Radiyah, S.Ag beserta jajaran difokuskan pada fungsi, tujuan dan pentingnya tindak lanjut AKMI di Madrasah. Dan pada kunjungan kali ini beliau berkesempatan untuk berkeliling ke beberapa lokasi di MAN Karangasem, diantaranya melihat pembelajaran secara langsung di kelas dan di lab komputer dan juga mengunjungi perpustakaan untuk melihat koleksi literasi Madrasah. 

"Madrasah perlu membuat program untuk meningkatkan literasi pada empat aspek, yaitu aspek membaca, numerasi, sains dan juga sosial budaya", ujar Muhamad Qosim. 

Disampaikan juga oleh Lani Mega Safitri yang merupakan Instruktur Daring Tindak Lanjut Hasil AKMI Literasi Sains 2023 bahwa AKMI adalah instrumen penilaian untuk mengetahui informasi terkait kemanpuan literasi siswa, hasil AKMI berupa rekomendasi atau umpan balik kemajuan belajar peserta didik selama kurun waktu belajar. Fungsi kegiatan AKMI untuk memberikan informasi sebagai bahan pijakan dalam memberikan tindak lanjut berupa perlakuan atau intervensi yang tepat dan sesuai dengan kekuatan serta kelemahan setiap peserta didik.

Sayangnya hingga kunjungan selesai dilaksanakan, hasil AKMI masih belum bisa diunduh, sehingga Instruktur Visitasi belum bisa mengetahui rekomendasi evaluasi yang ada pada Raport AKMI. Instruktur Visitasi berharap nantinya dalam proses pembelajaran ke depannya memperkuat kemampuan Literasi siswa pada Capaian Kompetensi (CK) 5 - 9 untuk jenjang Madrasah Aliyah.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...