manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5r)

Kamis, 16 November 2023, peserta didik MAN Karangasem dari kelas XI Umum 6 beserta pendamping Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5r), Ari Suseno, S.Pd dan Sukriadi, S.Pd mengadakan studi wisata ke Museum Pustaka Lontar untuk menambah pemahaman terkait tema pembelajaran yaitu Kearifan Lokal. 
 
Museum Pustaka Lontar yang berada di Lingkungan Dukuh Bukit Ngandang Desa Adat Dukuh Penaban, Karangasem-Bali, merupakan museum yang melestarikan ratusan naskah sejarah kuno dalam cakepan lontar dan juga menjadi Pusat Pendidikan Lontar di Provinsi Bali. Sampai saat ini berbagai event budaya, seni, pendidikan, camping dan kunjungan baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pemerintah, organisasi, masyarakat lokal, nusantara dan mancanegara silih berganti mengunjungi Museum Pustaka Lontar. 

Diawali dengan berdoa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan oleh pemandu tentang apa saja yang ada di Museum Pustaka Lontar serta proses pembuatan daun ental hingga menjadi lontar, dan bagaimana cara menulis aksara bali di atas lontar. Tidak lupa seluruh peserta didik juga diberikan kesempatan untuk menulis di atas lontar dengan menggunakan aksara bali. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta didik mampu belajar dan lebih mengenal kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar juga mampu memupuk rasa cinta terhadap budaya dan bangsa khususnya. 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...