manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Peningkatan Kompetensi, Laboran MAN Karangasem Mengikuti Kegiatan Pelatihan Laboran di Surabaya

Selasa sampai dengan Jum’at, Pada tanggal 1 sampai dengan 4 Agustus 2023 diselenggarakan Diklat Pelatihan Tenaga Laboran Madrasah Angkatan 4 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya. MAN Karangasem menjadi salah satu perwakilan dari 3 satker mewakili Provinsi Bali dalam kegiatan tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut adalah sebagai Implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) IBRD Loan Number 8992-ID Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kasubdit Bina GTK MA dan MAK Bapak bahwa tugas Laboran adalah tugas mulia dalam pengembangan madrasah. Laboran selama ini sering dianggap hanya bertugas dalam kegiatan kecil yang kurang dihargai padahal laboran adalah jabatan fungsional penting dengan banyak tugas utama. Laboran harus meninggikan daya nya dan menjadi bagian dari instrument transformasi keilmuan. Hadir pula dalam acara pembukaan Bapak Makirudin Samin yang menyampaikan pentingnya literasi. Literasi membuat kemampuan menalar dan analisis semakin kuat, berikan keteladanan dalam membaca kepada peserta didik dan motivasi dengan mengadakan lomba bidang literasi. Penguatan Skill dan karakter laboran sangat penting. Selain itu hadir pula mendampingi acara pembukaan Bapak Makirudin Samin, Consultant REP-MEQR MORA dan World Bank Kementerian Agama RI yang menyampaikan pentingnya literasi. Literasi membuat kemampuan menalar dan analisis semakin kuat, berikan keteladanan dalam membaca kepada peserta didik dan motivasi dengan mengadakan lomba bidang literasi.

Peserta pelatihan laboran tersebut berjumlah 48 orang yang berasal dari berbagai Provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Materi dalam pelatihan tersebut terdiri atas Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Kultural, Kompetensi Administratif, Kompetensi Profesional, Pengoperasian Peralatan dan Penggunaan Bahan di Laboratorium, Perawatan Peralatan dan Bahan di Laboratorium, Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Madrasah, serta Mengelola Limbah dan Mengantisipasi Bencana di Laboratorium Madrasah. Salah satu narasumber, Bapak Moeljono mengajarkan dan memberikan maotivasi besarnya peluang untuk pengembangan laboratorium serta pengembangan diri untuk jabatan laboran yang saat ini menjadi jabatan fungsional pranata laboratorium Pendidikan dengan mengikuti sertifikasi KAN (Komite Aktreditasi Nasional) dan dibutuhkan oleh banyak Perusahaan di dunia industry, laboratorium juga bisa terus dikembangkan misalnya menjadi laboratorium pengukuran dan bisa menjadi bernilai poin dan coin untuk sekolah dan laboran.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...