manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Kunjungan BRIN dalam Pengumpulan Data Riset bidang pemanfaatan Teknologi Artificial di MAN Karangasem

MAN Karangasem sebagai madrasah berbasis IT menerima kedatangan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam rangka Kegiatan penelitian pada Satuan Kerja MAN Karangasem pada hari ini Sabtu, 27 Mei 2023.  Peneliti BRIN Bidang sosial budaya dan Humaniora tersebut bernama Abdul Razak. Beliau menyampaikan bahwa Bali merupakan salah satu dari  6 sasaran lokasi yang menjadi focus pengambilan data penelitian bersama dengan wilayah Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Jogjakarta, dan Makassar.  MAN Karangasem adalah salah satu sekolah yang dipilih di Bali dalam rangka pengambilan data penelitian tersebut. 
Kedatangan Abdul Razak diterima langsung oleh Kepala MAN Karangasem, Drs. Supriyanto, M.Pd. lebih lanjut Abdul Razak mengambil data penelitian kepada Guru PKN, Agama dan TIK MAN Karangasem yaitu  Zakkiyah, S.H, M.Pd, Hilda Wahyuni, S.Pd, dan Ari Suseno, S.Pd. Penelitian dengan Tema Tren Perkembangan Teknologi Atrificial Intelegent Di Kalangan Generasi Muda ini menggali sejauhmana Teknologi Artificial dimanfaatkan dipembelajaran dan harapan dimasa depan seperti apa. Tanggapan positif diberikan oleh ketiga guru MAN Karangasem tersebut terkait pemanfaatan Teknologi Artificial. Menurut Zakkiyah, S.Pd, M.Pd Atrificial Intelegent yang bisa mendukung pembelajaran namun perlu dikuatkan dengan penguatan identitas kebangsaan. Selain itu Menurut Ari Suseno, S.Pd Metaverse virtuality sangat baik berkaitan dengan pemanfaatannya untuk Penggunaan media pembelajaran yang efektif bagi siswa yang sulit disentuh siswa seperti fasilitas laboratorium yang bahan maupun alatnya sulit dijangkau  maka teknologi ini bisa efektif dan efisien sebagai media pembelajaran Laboratorium virtual. Namun disisi lain juga terdapat dampak negatif dari penggunaan Teknologi Artificial dimana bisa membawa kecenderungan membentuk karakter individualis siswa. Lebih lanjut ditekankan bahwa disitulah peran guru dalam menverifikasi, klasifikasi, dan mem validasi keberadaan teknologi Artificial ini. 
Selain data dari 3 guru, Abdul Razak juga mengambil data dari beberapa siswa kelas XI MAN Karangasem terkait Perkembangan Teknologi Atrificial Intelegent tersebut dengan menggandeng pula beberapa penggiat di bidang Teknologi Atrificial Intelegent sebagai sumber data penelitian.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...