manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

SAO Mansaka, Digitalisasi Asesmen Mempermudah Penilaian Bagi Guru dan Siswa.

Senin, 22 Mei 2023 adalah hari pertama kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAT) semester genap untuk tahun ajaran 2022/2023.
Kegiatan PAT yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI bertempat di Lab TIK gedung 1 madrasah dan dilaksanakan bergantian secara sesi. Kegiatan akan berlangsung sampai dengan tanggal 31 Mei 2023 dan dilaksanakan secara online dan lisan. 
Penilaian dengan sistem online menggunakan aplikasi buatan tim IT Madrasah yang bernama Sistem Asesmen Online (SAO). SAO merupakan aplikasi yang mendukung digitalisasi data Madrasah, dimana sudah digunakan sejak tahun 2013. "Soal yang sudah dibuat oleh guru akan diinput oleh tim ke dalam SAO kemudian menjadi database dan dimunculkan dalam bentuk soal yang bisa dijawab siswa secara online", kata Miftakhurrakhman, Amd. Kom selaku tim IT Mansaka. 
Selain itu, keunggulan SAO sebagai aplikakasi ujian online diantaranya adalah, pertama nilai yang bisa langsung muncul setelah menyelesaikan ujian. Kedua, analisis soal sudah disediakan oleh sistem, jadi guru langsung bisa mengetahui tingkatan soal yang dianggap mudah, sedang dan sulit oleh siswa sebagai bahan evaluasi. Ketiga, antisipasi kecurangan yang dilakukan siswa. Karena SAO menggunakan freeze program dimana ketika siswa membuka aplikasi selain SAO, maka siswa tersebut akan di banned selama 5 menit sehingga waktu dalam pengerjaan akan berkurang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...