manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2023/2024 di MAN Karangasem

Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2023/2024 di MAN Karangasem dilaksanakan mulai hari Rabu, 22 November 2023 sampai dengan Kamis, 30 November 2023. 
Ari Suseno, S.Pd, ketua Panitia pelaksanaan PAS mengungkapkan, diwajibkan bagi guru untuk menyajikan soal-soal PAS minimal dengan 3 tipe soal yang berbeda. Adapun pilihan tipe soal itu antara lain; pilihan ganda, dengan satu pilihan jawaban, pilihan ganda kompleks dengan lebih dari satu pilihan, betul-salah, isian singkat, menjodohkan, uraian dan proyek. Kebebasan untuk menentukan moda PAS diberikan kepada para guru dalam menyajikan instrumen penilaiannya ini, mengacu pada pengimplementasian kurikulum merdeka yang diwacanakan akan menjadi kurikulum nasional di 2024. 

Untuk teknis menjawab soal, hampir semua guru melaksanakan PAS dengan berbasis IT yang memang sudah dilakukan di MAN Karangasem beberapa tahun terakhir terutama disaat pandemi.

Tanggungjawab diberikan kepada guru terhadap pelaksanaan PAS mata pelajaran dan  kelasnya dengan mengawasi sendiri pelaksanaan PAS mata pelajarannya pada masing - masing kelas. Perlu diketahui bahwa,  kemerdekaan juga dirasakan para siswa, mereka tidak perlu berpindah ruangan kelas dan diacak dengan siswa dari kelas lainnya. 
"Kami sebagai panitia hanya meminta para guru untuk mengumpulkan soft copy dari soal yang dibuatnya untuk arsip Madrasah", ujar ketua pelaksana PAS lebih lanjut.

Kemerdekaan dan penyederhanaan pelaksanaan PAS tapel 2023/2024 di MAN Karangasem ini sebagai bukti kepada masyarakat dan para pemerhati pendidikan bahwa MAN Karangasem telah mampu menerapkan IT di seluruh aspek kegiatan di MAN Karangasem.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...