manamlapura13@gmail.com +62 363 21397

BERSAMA WUJUDKAN MODERASI AGAMA SEMETON HINDU-SELAM KARANGASEM!

MansakaNews! 
Setiap umat beragama pasti menginginkan adanya moderasi beragama dalam berkehidupan dengan umat lain. Seperti halnya moderasi beragama yang telah terjalin antara umat Islam dan Hindu di Karangasem sejak dahulu. Senin, 01 Agustus 2022 sebanyak 20 siswa MAN Karangasem mengikuti kegiatan Story Telling tentang sejarah Semeton Hindu - Semeton Selam (Islam) di Karangasem yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana bertempat di Puri Agung Karangasem.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menanamkan, menumbuhkan, dan meningkatkan sikap toleransi pada kalangan generasi muda. Tak hanya menyinggung toleransi saja, narasumber juga memberikan penjelasan mengenai sejarah masuknya Islam di Karangasem serta keterkaitan sejarah dengan suku Sasak di Lombok.
Keberadaan semeton selam diantara semeton Bali, tidak hanya membuktikan bahwa toleransi beragama, harmonisasi budaya
dan konsep hidup menyama braya, telah ada sejak zaman dahulu kala.
 Siswa juga diajak berkeliling melihat Puri Agung Karangasem yang masih terjaga hingga saat ini, hal ini menambah pemahaman siswa mengenai sejarah yang ada di Puri Agung tersebut.

1 Komentar

vania

artikel yang sangat keren, bagus banget untuk menumbuhkan kerukunan antar umat beragama di Indonesia. yuk kunjungi kampusku https://walisongo.ac.id/

Tinggalkan Komentar Anda

Beri tanggapan terbaik anda...