PESANTREN RAMADAN🌙

Assalamualaikum, sobat MANSAKA!👳🏼♀️🧕🏼

 

Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, jadi sudah semestinya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat ya _guys_. MAN Karangasem punya kegiatan Pesantren Ramadan untuk siswa kelas X dan XI yang bertujuan untuk menambah ilmu dan meningkatkan motivasi dalam hal Ibadah.

 

_Yuk_, kita simak beritanya!

 

[Sabtu,16 April 2022]

Kegiatan ini diawali dengan tadarus Qur'an pada pukul 07.30 - 09.00 WITA. Dilanjutkan dengan salat sunnah dhuha, sebagai bentuk mensyukuri karunia Allah atas segala yang telah diberikan.

Inti kajian materi dalam Pesantren Ramadan hari ini ada 3, yaitu:

1. Ustaz Dzikru Rahman, LC dan Ustaz Ubaidiyar, LC dengan tema kajian "Menjadi Manusia Terbaik dalam Konsep Islam." Dua bersaudara ini asli kelahiran Kecicang Islam ini menyampaikan bahwa manusia yang terbaik menurut Rasulullah SAW adalah seseorang yang menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia. Sedangkan akhlak mulia tersebut terbagi menjadi dua, yaitu akhlak mulia kepada Allah SWT dan sesama manusia. Dalam hadis lain juga disebutkan bahwasanya manusia terbaik adalah manusia yang memiliki ukuran dalam menjadi generasi terbaik, yaitu generasi zaman Nabi, sahabat, dan tabi'in.

2. Ustaz Muhammad Ihyaul Fikro, S.Ag dengan tema kajian "Moderasi Beragama.Putra pasangan Bapak Fikri dan Ibu Sri Handayani berpesan agar seluruh siswa MAN Karangasem ini memahami bahwa Islam adalah agama wasathiyah yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai Rahmatan Lil Alamin. Tentunya sebagai agama wasathiyah, Islam memiliki 5 konsep moderasi beragama yaitu tasawuth (mengambil jalan tengah), tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleransi), musawah (kesetaraan), dan syura (musyawarah).

 

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama yang dilaksanakan di lapangan gedung 2 MAN Karangasem dan didampingi oleh seluruh civitas MAN Karangasem serta salat magrib berjamaah sebagai penutup. 

 

▪ ▪ ▪

 

#pesantrenkilat

#safariramadhan