KEIKUTSERTAAN MAN KARANASEM DALAM ASCIENCO 4, OLIMPIADE SAINS TINGKAT ASIA TENGGARA

Hari ini, Minggu 17 April 2022 sebanyak 18 siswa-siswi MAN Karangasem mengikuti seleksi regional wilayah ASEAN Student Science Olympiad atau ASCIENCO 4 yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas, organisasi, ataupun pemerhati pendidikan di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam.

Kegiatan olimpiade ini dilaksanakan untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA dalam beberapa tahapan, dimulai dari tahapan seleksi regional wilayah, final antar regional, pengumuman peringkat antar regional dan tahapan terakhir yaitu pembagian piagam. Adapun kategori bidang pelajaran yang diikuti oleh siswa-siswi MAN Karangasem adalah:

Matematika
1. Rani Ramadhani 
2. Kartika Cahyani 
Biologi
1. Nursiah Leonyta
2. Lery Finka Adista 
3. Basma Naila Azzahra 
Fisika
1. Salim Muafan
2. Tazkia Dwiyanti
3. Neza Aulia Safitri 
Kimia
1. Alan Ferdian Syah
2. Prita Aulia Pratama
Astronomi
1. Etty Fatmawati 
2. Bayu Maulana Syahbani
Sosiologi
1. Rafli Aditya Ilmi
2. Silvia Safitri
3. Dian Fatma Rahma 
4. Alivia Rahmadani 
5. Eka Rama Saputra
6. Rendi Al-Hairi

Dilaksanakan sejak tanggal 3 Maret 2022 sampai tanggal 26 April 2022 dengan fasilitas dan hadiah yang diberikan berupa e-sertifikat, berbagai akses sistem dan voucher. E-piagam penghargaan bagi pemenang tahap regional wilayah, medali emas, dan uang pembinaan serta souvenir untuk juara 1-3 nantinya.

“Lomba ini menjadi salah satu ajang dalam melatih kemampuan saya dalam bidang Fisika. Walaupun beberapa soal yang dilombakan adalah soal-soal tahun sebelumnya, tetapi anggaplah ini untuk melatih pemahaman materi yang sama,” ujar Salim Muafan salah satu peserta ASCIENCO 4 bidang Fisika.

Kompetisi ini merupakan langkah awal bagi siswa-siswi MAN Karangasem untuk menunjukkan potensi dan bakatnya yang selanjutnya diberikan pembinaan secara maksimal sehingga mampu bersaing baik pada tingkat nasional bahkan internasional.