Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Alhamdulillah pada hari Rabu, tanggal 3 Nopember 2021 telah dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Empat Tahunan di MAN Karangasem oleh Tim Penilai dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Pengawas Madrasah, serta Tim Penilaian dari Unsur GTK dan Komite MAN Karangasem.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah merupakan proses pengumpulan, pengelolaan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian dilakukan secara berkala dalam periode tahunan dan empat tahuahan. Hal ini mengacu pada surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah sebagai bentuk implementasi PMA Nomor 58 tahun 2020 tentang Kepala Madrasah.

Penilaian yang dilakukan saat ini adalah penilaian empat tahunan. Aspek yang dinilai meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, serta hasil kinerja kepala madrasah. Penilai PKKM ini terdiri dari unsur kepala bidang pendidikan madrasah, pengawas, komite, guru/tenaga pendidik, serta tenaga kependidikan.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali  Bapak H. Mahmudi, S.Ag., M.A., Kasi GTK Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali  Bapak Drs. H. Hud Muhammad, S.H., M.A, Pengawas Madrasah Kabupaten Gianyar Ibu Azizah Aziz, S.Pd., M.Pd, Ketua Komite Ibu Dra. Hj. Munawaroh, M.A, Bendahara Komite Bapak Bambang Suharto, serta Dewan Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN Karangasem

Hasil penilaian terhadap kinerja kepala MAN Karangasem memperoleh predikat Sangat Memuaskan dengan skor 97,73. Di sela – sela sambutannya, Bapak Kasi GTK Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali menyampaikan bahwa hasil penilaian sesuai dengan kerja keras yang telah dilakukan oleh Bapak Kepala MAN Karangasem dalam upaya memajukan dan mengembangkan MAN Karangasem selama 4 tahun periode penilaian (2018 – 2021). Beliau juga mengamanahkan untuk tetap dapat mempertahankan predikat dan skor yang diperoleh pada kepemimpinan periode selanjutnya.

Semoga kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dapat menjadi pemacu untuk mewujudkan MAN Karangasem menjadi lebih baik dan lebih berprestasi sesuai dengan slogan “We Are Not The Biggest But We Will Do The Best”.