Ujian Madrasah bersama SAO

Ujian Madrasah (UM) merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan yang sekaligus merupakan salah satu syarat penentu kelulusan. Tahun pelajaran 2020/2021 merupakan tahun kedua bagi pelaksanaan UM di masa Pendemi Covid-19, dimana Pemerintah memberikan wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan UM sebagai alat ukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah tentang penyelenggaraan UM di tahun pelajaran 2020/2021, maka MAN Karangasem sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan UM secara online melalui aplikasi SAO (Sistem ujiAn Online). Kegiatan UM dimulai dari tanggal 16 Maret sampai 29 Maret 2021 dengan 19 mata pelajaran yang diujikan. Sistem ini telah diciptakan oleh Tim IT MAN Karangasem sejak tahun 2014 dan hanya diperuntukkan pada kegiatan Ujian Semester pada saat itu. Kini, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih maka Tim IT MAN Karangasem terus beriovasi terhadap aplikasi SAO sehingga akhirnya dapat digunakan untuk pelaksanaan Ujian Madrasah dan Ujian Nasional.

Aplikasi SAO memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan yang dapat diakses oleh peserta ujian maupun pengawas dalam pelaksanaan ujian online, diantaranya peserta ujian dapat melakukan login dengan menggunakan username nomor peserta ujian yang diberikan oleh panitia, sedangkan pengawas dapat dengan mudah memantau kehadiran siswa, progress skor, persentase pengerjaan soal, bahkan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta ujian.

Tidak menutup kemungkinan aplikasi SAO ini akan terus berkembang dan berinovasi menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai jenis ujian online yang lain demi suksesnya MAN Karangasem menjadi madrasah hebat bermartabat menuju kelas dunia.

Best Regard IT MAN SAKA