Berdemokrasi dengan Pil OSMO

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu wadah berkegiatan bagi peserta didik yang serupa dengan lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS selalu semarak dan di nanti - nanti oleh seluruh warga sekolah. Hal yang sama juga dirasakan MAN Karangasem. Pemilihan OSIS (Pemilos) merupakan agenda tahunan yang secara rutin diadakan oleh MAN Karangasem. Jika tahun-tahun sebelumnya Pemilos dilaksanakan secara tatap muka dengan memegang prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia, maka pelaksanaan tahun ini diadakan dengan sedikit berbeda yaitu secara online melalui sistem aplikasi Pil OSMO (Pemilihan OSIS Mansaka Online) yang dirancang oleh Tim IT MAN Karangasem. Setiap peserta didik akan diberikan username dan kode, setelah itu mereka dapat memilih kandidat. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilos dapat dilakukan dirumah melalui smartphone masing masing.

Pemilihan OSIS MAN Karangasem masa bhakti 2020/2021 diadakan pada Sabtu, 16 Januari 2021 secara online. Kandidat calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS MAN Karangasem tahun 2020/2021 ada 3 pasangan, yaitu :

Nomor urut 1 : Ali Yuda Farobi - Azkia Sabila (Yu – Ki)

Nomor urut 2 : Mahira Nurhalizah - Tania Azizah (Ma – Ta)

Nomor urut 3 : Nabila - Berlianda Nazia (Na – Na)

Hingga saat ini jumlah total suara yang telah terekam adalah sebanyak 899 suara, dengan 71 diantaranya adalah golput. Alasan golput disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya tidak tersedianya paket kuota internet serta kondisi smartphone yang full memory. Pasangan Nomor urut 1 (Yu – Ki) mengungguli kedua pasangan lainnya dengan meraup suara sebanyak 553 suara. Peringkat kedua disusul oleh pasangan nomor urut 3 (Na – Na) dengan jumlah suara 179. Pasangan nomor urut 2 (Ma – Ta) memperoleh posisi peringkat ketiga dengan jumlah suara sebanyak 86.

Pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS terpilih akan dikukuhkan pada hari Senin, tanggal 25 Januari 2021 mendatang. Dengan adanya momentum Pemilihan OSIS ini dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi peserta didik MAN Karangasem. Pemilos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS MAN Karangasem. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan madrasah.