Di Tengah Pandemi Covid 19, MAN Karangasem Rancang Matsama yang Ramah dan Menyenangkan

Karangasem (MAN SAKA) — Pasca pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Karangasem segera mengumpulkan para peserta didik baru dalam satu forum sehingga antara mereka bisa bertatap muka dan saling mengenal. Madrasah merancang wahana silaturahmi tatap muka dengan nama Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan desain yang ramah dan menyenangkan bagi siswa baru melaui live streaming facebook dan youtube. Demikian disampaikan oleh Wakabid Humas, Drs. Munwahid sesaat setelah rapat Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun 2020, di MAN Karangasem Kamis (2/7/2020).

“Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan siswa baru secara fair, selanjutnya agenda yang harus kami jalankan adalah Matsama atau yang dulu disebut Pengenalan Lingkungan Madrasah (Panglima) atau yang Diknas sebut sebagai MOS. Tidak bijaksana rasanya kalau tidak mengadakan Matsama meskipun pandemi covid-19 terus mengancam. Untuk itu dengan protokoler kesehatan yang sangat ketat, kita berusaha mengadakan Matsama walau sederhana namun menyenangkan dan tentu saja ramah bagi mereka. Menyenangkan artinya tidak ada tekanan atau pressure dari senior, dan ramah artinya bersifat membimbing, memberi tahu, dan membelajarkan,” kata Drs.Munwahid.

Matsama MAN Karangasem akan dilaksanakan dalam tiga hari live streaming di sosial media. Setiap hari akan ada materi utama Madrasah Habit, Moderasi Agama, Literasi IT, KBM Daring, dan Pengenalan Lingkungan Madrasah. Matsama akan dimulai sekitar pukul 08.00 WITA dengan diawali absensi digital yang langsung terintegrasi kepada GPS Smartphone peserta didik yang dirancang khusus oleh TIM IT MAN_SAKA itu sendiri. Protokol kesehatan pencegahan Covid 19 serta sarana prasarana pendukungnya akan disediakan dengan jumlah memadai di beberapa tempat.