5 S. ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) sebelum belajar

Kegiatan  5 S,  atau singkatan dari Senyum Salam Sapa Sopan Santun, ini dilaksanakan  oleh guru dan sebagian  siswa  MAN Karangasem pada pagi hari,sebelum pelaksanaan sholat duha dan tadarrus.

Guru dan beberapa pengurus OSIS yang datang terlebih awal berjajar rapi di kanan-kiri gerbang madrasah untuk menyambut siswa yang datang belakangan dengan senyum dan sapa. Siswa yang baru datang diwajibkan turun dari kendaraan  untuk memberikan salam kepada guru dan teman mereka, bagi yang tidak membawa kendaraan diwajibkan untuk bersalaman sambal tersenyum kepada guru-guru dan teman mereka yang menyambut mereka.

Kegiatan sederhana, yang dicanangkan oleh Kepala MAN Karangasem, Drs. Supriyanto, M.Pd. ini terbukti membuat siswa dan guru datang lebih awal.  Mereka lebih ingin menjadi penyambut 5S dari pada yang datang belakangan dan yang disambut. Melalui kegiatan ini Guru  dan siswa akan semakin mengenal, terutama siswa  dan guru yang tidak pernah bertemu di kelas. Saat itu guru dan siswa saling berinteraksi dengan salam sapa dan dengan senyum santun. Akhlaq islami siswa diharapkan akan terasah melalui pembiasaan ini.